Sabtu, 22 Februari 2014

Penebaran Bibit Lele

Memulai Lahan Bisnis Lele bisa dibilang susah - susah gampang, yang terpenting adalah keuletan kita dan kesabaran kita dalam Pembesaran bibit lele.
oke langsung aja sob, hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat rumah bagi lele kita, rumah lele ada beberapa macam diantaranya adalah kolam terpal, kolam beton, dan kolam tanah.
tentunya dari ketiga kolam tersebut ada kekurangan dan kelebihan masing-masing.
yang kita akan bahas disini adalah kolam beton.
tentu kelebihan kolam beton adalah kebersihan nya, memudahkan kita untuk membersihakan kolam (membuang air kolam) lebih simpel dan tahan lama.
adapun kekurangan kolam beton adalah biaya pembuatan yang relatif lebih mahal dari pada kolam yang lain.

terlepas dari itu sekarang kita bersihkan kolam sampai bersih lalu siap kan kapur atau gamping, dan lapisi kolam kita dengan kapur tersebut  tunggu hingga kering lalu kita isi kolam dengan air dan diamkan selama satu malam.pengapuran tersebut berfungsi juga sebagai membersihkan bakteri negatif dari kolam.
sesudah kita diamkan satu malam buang air dari kolam 
kemudian isi kembali kolam tersebut pagi hari diamkan lagi satu  malam dan pagi harinya kita bisa tebar bibit lele. 
setelah tebar diamkan lele tersebut satu malam yang di apa-apakan juga tidak boleh dikasih makan sampai 1 hari . setelah satu hari baru lah kita kasih makan lele tersebut dengan pelet (Pelet yang diberikan pada bibit lele tergantung ukuran lele jika ukuran lele kita 5-6 mm maka pakan pelet yang kita gunakan adalah pelet tenggelam yaitu FENG-LI)
perlu diingat dalam pemberian pakan jangan ditebar cukup ditabur ke satu titik saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar